PKPU

Berita Korporasi

Diseminasi Hasil Kajian Peta Potensi Daerah Indonesia

Friday, February 8th, 2013

JAKARTA, 8 Februari 2013 – Berdasarkan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2010-2014 tercatat sebanyak 183 kabupaten/kota di seluruh Indonesia masih tergolong sebagai daerah tertinggal. Apabila merujuk pada periode sebelumnya di RPJMN 2004-2009, sebanyak 199 kabupaten masih tercatat sebagai daerah tertinggal.

Penurunan jumlah daerah tertinggal tersebut merupakan pencapaian dari implementasi kebijakan dan program pembangunan daerah. Program-program pembangunan yang dikembangkan pada suatu wilayah dijalankan sesuai dengan karakteristik masyarakat dan potensi yang dimiliki wilayah bersangkutan. Sejalan dengan hal tersebut, penggalian potensi daerah merupakan solusi untuk mengidentifikasi strategi pengentasan wilayah dari kemiskinan dan ketertinggalan.  

Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU (Pos Keadilan Peduli Ummat) bekerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat Universitas Indonesia (P3M UI) berinisiatif menyusun dokumen Kajian Peta Potensi Daerah Indonesia sebagai upaya untuk mengidentifikasi potensi daerah di Indonesia sebagai formula kunci pengembangan pembangunan daerah berkelanjutan (local sustainable development).

Untuk mempertajam hasil rekomendasi kajian tersebut, PKPU dan P3M UI melaksanakan diseminasi hasil kajian peta potensi daerah yang dilaksanakan pada Jumat, 8 Februari 2013, bertempat di Ruang Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat, Kampus Universitas Indonesia Depok.

Pada diseminasi ini akan disampaikan hasil rumusan “Indeks Potensi Daerah Indonesia” (ISI) yang merupakan indeks komposit dengan didasarkan pada hasil pengukuran dari lima aspek, yaitu: (1) sumber daya manusia; (2) sumber daya alam; (3) lingkungan; (4) infrastruktur; dan (5) ketahanan terhadap bencana.

Proses pengukuran ISI merupakan hasil dari olahan data Potensi Desa dan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas). Hasil ISI selanjutnya disajikan dalam format data spasial dan diharapkan dapat menjadi basis informasi potensi daerah serta sebarannya secara geografis.

Pada akhirnya diharapkan informasi potensi daerah berbasis spasial ini akan membantu dalam mengidentifikasi target area dan komunitas untuk program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang berbasis potensi daerah.

Informasi Diseminasi Peta Potensi Daerah dapat disampaikan melalui:

Akbar Ali
Planning, Monitoring, and Evaluating Manager PKPU
Mobile Phone: +62 81388596137

 

Follow twitter: @PKPU
Fb Fanpage PKPU: PKPU Lembaga Kemanusiaan Nasional

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather