PKPU

Berita Korporasi

Permintaan Hewan Qurban di Aceh Meningkat

Friday, December 29th, 2006

ACEH BESAR − Menjelang datangnya Hari raya Idul adha 1427 H yang diikuti dengan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, dalam beberapa hari terakhir transaksi hewan kurban terutama kambing, lembu, dan kerbau di Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Nagan Raya semakin ramai dilakukan masyarakat dengan pedagang hewan kurban.

Taufik, 37 tahun, salah seorang pembeli hewan kurban di Aceh Besar, kepada PKPU Online, Jumat (29/12/2006) mengatakan, sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya permintaan hewan jenis kambing, kerbau, dan lembu meningkat tajam ketika Hari Raya Idul Adha tiba.

“Dua hari lalu Taufik pun telah membeli kambing untuk untuk rencana kurban. Saat ini, kata Taufik, harga untuk satu ekor kambing di Aceh mencapai Rp 850 ribu hingga Rp 1,2 juta,” ujarnya. Harga jual tersebut sangat tergantung dengan besar atau kecilnya hewan yang dijual. “Bahkan di Lhokseumawe harga kambing sudah mencapai Rp 1 juta per ekor,” lanjutnya.

Selain kambing, tambah Taufik, sapi, kerbau dan lembu juga sangat diminati masyarakat untuk dimanfaatkan dalam kegiatan kurban. Harganya juga sangat bervariasi sesuai dengan berat dan ukurannya.

Untuk ukuran sedang ada yang dijual Rp 6 juta−Rp 7 juta. Namun, jika bobot dagingnya lebih banyak, hewan tersebut ada yang mencapai Rp 8,5 juta−Rp 11 juta per ekor.

Seperti pengalaman tahun−tahun sebelumnya, hewan kurban itu selain dibeli oleh individu, juga ada yang dilakukan secara berkelompok (patungan) mencapai tujuh orang per sapi atau kerbau.

Setelah uang untuk kurban terkumpul, maka kelompok yang hendak melakukan kurban membeli hewan, lalu diserahkan kepada pengurus masjid, desa, maupun disembelih sendiri, kemudian daging kurban tersebut dibagi−bagikan kepada orang−orang yang berhak menerimanya. Lazimnya, kegiatan qurban tersebut dilaksanakan usai shalat Ied, atau 10 hingga 13 Zulhijjah.

Jika ada kemudahan dalam berqurban, alangkah baiknya melakukan kurban sesuai tuntunan ajaran Islam. Selain dapat membersihkan harta, kurban juga sangat membantu masyarakat sekitar kita yang membutuhkannya. (Acep/PKPU NAD)

:: Laporan Cecep Yusuf Pramana, Langsung dari Aceh Besar, NAD

0
 
0
 
0
 
0
 
New
 
 
0