PKPU

Berita Korporasi

Program Qurban PKPU

Tuesday, November 21st, 2006

JAKARTA − Bulan depan, umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau biasa dikenal dengan Hari Raya Kurban. Saat itu pun jutaan jemaah sedang merayakan puncak haji di Tanah Suci

Dalam ritual ini, seorang muslim disunnahkan untuk menyembelih seekor binatang ternak (kambing, sapi, domba) untuk dibagikan kepada mereka yang membutuhkan sebagai bentuk ibadah dan kepedulian terhadap sesama manusia.

Menyambut hari raya ini, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU (Pos Keadilan Peduli Ummat) melalui Program Sebar Qurban Nusantara (SQN) berusaha memudahkan para pekurban (mudhohiy) untuk melaksanakannya. Farming Manager PKPU Suryanto mengatakan, PKPU ingin memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat.

“Mulai dari perekrutan mudhohiy, pengadaan hewan kurban, penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban dengan sistem duo fresh and smart ke pelosok nusantara,” kata Suryanto dalam siaran persnya yang diterima Media Indonesia, pekan lalu.

General Manager SQN, Nurhidayat, menambahkan pengemasan daging haruslah diperhatikan mengingat wilayah yang akan dijangkau adalah seluruh pelosok Nusantara. “Ada variabel kesulitan jarak dan waktu yang mesti diatasi,” ujar Nurhidayat.

Karena itu, PKPU mengembangkan konsep dual system distribution atau yang lebih dikenal dengan sistem fresh and smart.

Nurhidayat menjelaskan fresh adalah daging yang terjaga kesegarannya dan dibagikan saat itu juga. Sedangkan smart adalah daging yang telah diolah dalam bentuk rendang, tongseng, abon, kornet, gulai, sate, dan kambing guling disesuaikan citra rasa lokal dan kondisi masyarakat dan tempat dimana daging tersebut didistribusikan.

PKPU melalui program SQN akan menebar atau mendistribusikan hewan kurban ini kepada yang berhak menerima, seperti fakir, miskin, dan kalangan yang berhak lainnya di wilayah rawan pangan dan daerah minus seperti wilayah bencana di Aceh, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Pangandaran. Wilayah tersebut merupakan sasaran distribusi SQN untuk menghindari kelebihan persediaan di daerah perkotaan, seperti di Jakarta.

Selain itu, PKPU juga telah memberdayakan para dhuafa melalui usaha peternakan lokal, yakni program Bina Ternak Qurban (Binter−Q) dan inovasi distribusi daging kurban melalui usaha yang berbasis produksi pemberdayaan usaha industri rumah tangga.

Usaha inilah yang dibina PKPU dalam mendukung persediaan dan pengemasan daging kurban yang hendak didistribusikan di wilayah yang sulit dijangkau. Bagi para pekurban yang ingin menyalurkan hewan kurbannya dapat menghubungi Kantor PKPU di Jl Raya Condet No.27 G, Jakarta Timur, telepon (021) 87780015 ext. 106 atau 123 (SQN) (Bay/S−3/PKPU)

Sumber: Media Indonesia, Selasa 21 Nopember 2006, Rubrik Haji dan Umrah

Harga Hewan Kurban di PKPU

A. Kambing
1. Type A : Rp. 700.000,− (berat +/− 27 kg)
2. Type B : Rp. 850.000,− (berat +/− 35 kg)

B. Sapi
1. Type A : Rp. 5.500.000,− (berat +/− 250 kg)
2. Type B : Rp. 7.000.000,− (berat +/− 350 kg)

0
 
0
 
0
 
0
 
New
 
 
0