PKPU

Berita Korporasi

Relawan Bawa Mesin Tempel untuk Jangkau Korban Tsunami Mentawai

Saturday, October 30th, 2010

PADANG – Menyikapi kondisi medan di lokasi bencana Kepulauan Mentawai yang cukup berat, sejumlah relawan yang berangkat harus membawa mesin tempel untuk menjangkau korban yang mengungsi.

Kamis (28/10) malam sekitar pukul 19.00 WIB, sejumlah bantuan serta ratusan relawan dari berbagai pihak kembali diberangkatkan dari Pelabuhan Teluk Bayur Padang menuju Kecamatan Sikakap, Kepulauan Mentawai, dengan Kapal Penumpang Labobar bantuan PT Pelni.

Kepala Cabang PKPU Sumatera Barat Faridansyah, yang juga tergabung dalam rombongan relawan tersebut, mengatakan, pihak PKPU yang juga telah mengirim relawan pada pemberangkatan pertama 27 Oktober lalu, kini kembali menurunkan 19 orang relawan berikut enam orang tim medis.

Faridansyah menjelaskan, secara koordinasi tim tersebut nantinya akan diturunkan di Posko Sikakap dan disebar ke pulau-pulau lain sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Menurut dia, dengan strategi seperti itu kerja tim dapat dimaksimalkan dalam menangani korban maupun menyalurkan bantuan.

Menanggapi pelaporan tentang kesulitan relawan dalam menjangkau lokasi bencana yang harus ditempuh melalui jalur laut serta minimnya alat transportasi, pihak PKPU telah menyiapkan tiga unit mesin tempel.

Sesuai dengan koordinasi dan informasi dari tim yang telah berada di lokasi bencana di Pulau Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai, Faridansyah mengatakan, tim yang akan diturunkan kali ini difokuskan untuk menangani kesehatan pengungsi serta membantu penyaluran bantuan-bantuan yang telah dibawa.

PKPU juga membawa sejumlah bantuan makanan siap saji, dua ton beras, air mineral, obat-obatan, terpal, tenda dan pakaian. Sedangkan untuk evakuasi korban, pihaknya mempercayakan sepenuhnya pada kinerja tim TNI, Basarnas maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat. (Dodik Setyo/HF)

Sumber: Pro3rri.com, Jumat, 29 Oktober 2010           
 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather