PKPU

News CSR

CSR, Strategi Kembangkan Bisnis Perusahaan

Monday, February 7th, 2011

JAKARTA – UU No.14 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas, pasal 1, butir 3, menyatakan yang dimaksud dengan “Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) adalah komitmen Perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya”.

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau yang dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan strategi bisnis perusahaan agar tetap hidup dalam masyarakat. Sebab, dengan CSR, perusahaan berharap akan mendapat keuntungan investasi di masa mendatang.

Secara sederhana, CSR adalah kegiatan yang berhubungan langsung dengan kegiatan philantropis. Sebagai contoh seperti kegiatan pengobatan masal operasi bibir sumbing, khitanan, katarak mata, donor darah, dan sebagainya. Atau meningkat ke kegiatan yang lebih rumit seperti melakukan program beasiswa, bantuan korban bencana alam, penghijauan, lingkungan dan lainnya.

Dan secara luas, pengertian CSR menyangkut program yang terkait dengan isu lingkungan dan isu sosial. Isu sosial terdiri dari 6 (enam) program yakni seperti kegiatan philantropis, perhatian terhadap hak azasi manusia, perhatian terhadap karyawan dan kenyamanan tempat kerja, kesehatan dan keselamatan kerja, tanggung jawab produk, serta community development.

CSR juga merupakan investasi perusahaan dalam jangka panjang dan merupakan strategis sesuai bisnis intinya. CSR tidak saja hanya sekedar alat public relation maupun marketing, tapi sebagai rangkaian manajemen produksi, sumberdaya hingga pemasaran. CSR merupakan strategi perusahaan dalam meningkatkan penghargaan masyarakat kepada perusahaan, membangun ciri khas (brand), dan kapasitas produksi yang berkelanjutan.

PKPU siap melakukan kerjasama pengembangan program CSR perusahaan anda. Untuk informasi kerjasama, kontak Manajer CSR Manajemen Aan Suherlan (Hp. 081322285471) atau Direktur Penghimpunan PKPU Wildhan Dewayana (Hp. 0811890043). (PKPU/Acep)

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather