PKPU

News Zakat Center

Hikmah yang Terkandung Dalam Ibadah Zakat

Thursday, July 2nd, 2009

Oleh: Rama Arjuna

Sebagai rukun Islam keempat, zakat wajib dikeluarkan. Selain merupakan kewajiban bagi umat muslim seperti halnya ibadah shalat, puasa, dan haji, zakat dapat juga meningkatkan derajat ekonomi masyarakat dhuafa. Inilah salah satu hikmah mengapa disyariatkannya mengeluarkan zakat.

Ada beberapa hikmah yang terkadung dalam ibadah Zakat. Pertama, bagi mereka yang memiliki harta berlebih, zakat akan menjadi instrumen penyucian diri. Dengan mengeluarkan sebagian harta yang telah diberikan Allah, maka orang tersebut akan disucikan dari harta−harta yang tidak jelas (syubhat).

Itulah fungsi zakat, ia dimaksudkan untuk menyucikan harta yang telah diperoleh umat muslim. Bisa jadi kita tidak sadar, karena sebagian harta yang kita peroleh selama ini ada bagian harta orang−orang miskin. Dengan mengeluarkan zakat itulah, harta tersebut akan menjadi bersih.

Kedua, zakat dapat melatih manusia menjadi pribadi yang dermawan (peduli terhadap orang lain). Disadari atau tidak, harta hanyalah titipan dari Allah SWT yang bersifat sementara jika dibandingkan dengan kekalnya nikmat di akhirat kelak.

Harta merupakan perhiasan kehidupan dunia. Sebagaimana Allah SWT berfirman, “Harta dan anak−anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan−amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.” (QS. Al−Kahfi: 46)

Secara substansi, zakat adalah ungkapan rasa syukur manusia terhadap nikmat yang telah diberikan Allah. Allah berjanji kepada mereka yang selalu bersyukur atas nikmatnya akan ditambah rezekinya. Sebaliknya, bagi orang yang meningkari terhadap nikmatnya, Allah mengancam berupa azab yang pedih. (QS. Ibrahim: 7)

Allah SWT selalu mengingatkan kepada manusia bahwa siksanya amat cepat. Tidak harus menunggu di akhirat kelak, bahkan di dunia ini terkadang Allah SWT telah menurunkan azabnya kepada manusia.

Seringkali orang yang memiliki harta banyak (kaya), mendadak hartanya menjadi berkurang (miskin). Misalnya, hartanya dirampok, rumahnya terbakar, dan banyak lagi jalan untuk itu. Hal yang demikian sangatlah mudah bagi Allah SWT. Inilah beberapa hikmah membayar zakat dan ancaman bagi orang yang tidak mau membayar zakat. Wallahu

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather