PKPU

News Zakat Center

PKPU Resmikan Program Pelatihan Jahit Dasar Mandiri

Wednesday, March 30th, 2011

BENGKULU – PKPU Bengkulu terus lakukan pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi melalui kegiatan pelatihan menjahit. Bertempat di LPK, PKPU Bengkulu meresmikan program pelatihan jahit tingkat dasar-mandiri, Sabtu (26/3/2011) pukul 09.00 WIB.

Kegiatan pelatihan menjahit ini diberikan secara gratis kepada 15 warga kurang mampu yang akan dilatih dan dibina selama 3 bulan. Mereka adalah ibu-ibu kurang mampu dan anak-anak putus sekolah dengan usia 15-18 tahun. Mereka termotivasi ikut kegiatan tersebut untuk mengasah keterampilan dan kemahiran dalam menjahit. Materi yang diberikan berupa jahit tingkat dasar hingga tingkat mandiri.

Pelatihan Jahit tingkat dasar-mandiri ini dibuka oleh Pimpinan DPRD Kota Bengkulu, yang diwakili Awaludin. Dalam sambutannya, Awaludin mengatakan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. “Nantinya diharapkan menghasilkan SDM berkualitas, karena ini merupakan salah satu bentuk advokasi kepada masyarakat,” jelasnya.

Turut hadir dari Dinas Sosial, diwakili Ibu Sri selaku Sekretaris Dinas Sosial. Sri menegaskan bahwa Dinas Sosial sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PKPU Bengkulu ini. Karena progam yang ada di PKPU bersinergis dengan program di Pemerintahan,” ungkapnya.
                                                                                                                          
Salah seorang peserta, Ibu Ety, saat ditemui, mengatakan sangat bersyukur dapat bergabung bersama LPK. “Kami diajari langsung oleh bapak Sukirman mulai dari nol sampai kami bisa menjahit pakaian sendiri. Yang terpenting kami semua dapat menambah penghasilan keluarga,” ucapnya bangga.  

Pengelola LPK Mitra Ummat, Oki, dalam sambutannya mengatakan sangat puas karena peserta yang diasuhnya mampu meraih penghasilan rata-rata Rp 1.200.000. “Sekarang kami sudah mendapat order untuk membuat seragam sekolah sebanyak 1000 lembar dari berbagai daerah di Kota Bengkulu,” katanya senang.

Sementara itu, Kepala Cabang PKPU Bengkulu, M Panjiwinata berharap dengan adanya pelatihan tersebut, para peserta dapat siap terjun ke dunia konveksi dan siap bersaing  dengan usaha yang sejenis. “Sehingga berdaya secara ekonomi menuju kemandirian di lingkungan masyarakat dan menjadi penggerak kehidupan yang positif bagi lainnya,” tegasnya.  (PKPU/Mira/Bengkulu)
 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather