PKPU

News CSR

Resmikan 10 Unit Sarana Sanitasi untuk Warga

Thursday, August 26th, 2010

PADANG – Gempa bumi September 2009  silam tidak hanya banyak merusak sarana tempat ibadah, tetapi juga sarana MCK dan wudhuk. Akibatnya, sebagian masyarakat kesulitan untuk mendapatkan air besih secara memadai.

Menjawab kebutuhan tersebut Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Padang, meresmikan penggunaan dan sekaligus menyerahkan  bantuan 10 unit sanitasi kepada masyarakat di Kota Padang danKabupaten Padang Pariaman.

Sanitasi berupa sarana mandi, cuci, kakus plus  tempat wudhuk  tersebut dibangun PKPU  Padang bekerjasama dengan Indonesia Scholarship and Relief Assintance of North America (ISRANA) atau lembaga bantuan kemanusiaan muslim di AmerikaUtara. Keberadaan sarana ini  kian terasa manfaatnya, karena setiap sanitasi tersebut dibangun di samping masjid dan mushalla yang ramai di bulan Ramadhan ini.

Peresmian 10 unit sarana umum ini dipusatkan di Mushalla Nurus Sakinah, Lubuk Buaya Padang, Selasa  malam (24/8/2010) di tandai dengan simbolisasi pembukaan keran air oleh Kepala Cabang PKPU Padang Faridansyah dan Anggota DPRD Kota Padang dari Komisi II Muharlion dengan disaksikan masyarakat setempat. Berbarengan dengan itu juga dilakukan acara berbuka puasa bersama sehingga kian menambah keakraban jalinan silaturahim.

Anggota Komisi II DPRD Kota Padang, Muharlion dalam ceramah dan sekaligus sambutannya mengharapkan masyarakat dapat menjaga dengan baik bantuan sarana sanitasi itu. Bersama-sama menjaganya sehingga keberadaanya akan bermanfaat menunjang kelancaran ibadah.  Mudah-mudahan bantuan lainnya untuk pembangunan rumah ibadah  juga mengalir, karena sarana sanitasi ini kondisinya jauh lebih bagus daripada bangunan rumah ibadah.

“Mudah-mudahan ini menjadi motivasi untuk segera membangun kembali masjid dan mushalla kita yang runtuh karena gempa, karena sarana sanitasinya sangat bagus dan mewah. Bantuan ini agar di jaga baik-baik,” kata Muharlion mengingatkan.

Sementara itu Kepala Cabang PKPU Padang, Faridansyah mengungkapkan, untuk Kota Padang keseluruhannya dibangun di 6 titik yaitu di Sungai Sapih, Bungus Teluk Kabung, Lubuk Buaya, Sungai Bangek dan Pasa Lalang Kuranji.

Sedangkan satu unit lainnya dibangun dengan kerjasama FIF. Sedangkan sanitasi lainnya  berada di Punggung Kasik, Palak Pisang, Palembayan dan Gasan Kabupaten Padang Pariaman. Satu unit lainnya di Lubuk Basung Agam.

Menurut Faridansyah, pembangunan sanitasi ini dilakukan secara selektif dengan mempertimbangkan tingkat kerusakan bangunan sebelumnya. Umumnya di lokasi ini sarananya sudah tidak memadai. Sanitasi baru ini dilengkapi dengan dua kamar mandi dan wc untuk pria dan wanita serta closet berdiri. 10 keran wudhuk , lantai dikeramik, wastafel cuci tangan dan tangki menara air lengkap dengan mesinnya. (Elfiyon/PKPU Padang)      
 

0
 
0
 
0
 
0
 
New
 
 
0