PKPU

News Zakat Center

Santri Ponpes Ar Risalah dan PKPU Padang, “Panen” hasil Tabung Peduli

Friday, March 18th, 2011

PADANG – Program Tabung Peduli Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Padang dengan Pondok Pesantren Yayasan Ar Risalah di Air Dingin Kota Padang mendapat respon positif dari guru dan siswa. Sebanyak 510 lebih tabung yang diserahkan ke lembaga pendidikan itu sejak dua bulan lalu, kini sudah membuahkan hasil. Dari penghimpunan tabung peduli tersebut terkumpul dana pendidikan sekitar Rp 7,3 juta lebih yang berasal dari sedekah, infak para siswanya.
           
Tabung Peduli yang digulirkan PKPU Padang merupakan program bersifat sosial dan sekaligus edukasi, untuk menanamkan sikap gemar berderma, bersedekah sedini mungkin oleh anak-anak. Melalui Tabung Peduli dalam bentuk celengan eksklusif disediakan PKPU ini, setiap siswa dapat menabung sesuai kesanggupan mereka masing-masing dengan menyisihkan sebagian uang jajan mereka.

Dari pengumpulan ini, hasilnya akan digunakan untuk membantu pendidikan anak-anak lainnya yang kurang mampu disekolah tersebut maupun disekolah lainnya dalam bentuk beasiswa, pelatihan guru dan sebagainya.
           
Koordinator Tabung Peduli PKPU Padang, Meri Arlina mengungkapkan, antusias pihak sekolah dalam kerjasama Tabung Peduli ini sangat luar biasa. Belasan sekolah unggulan di Kota Padang baik negeri dan swasta kini sudah menjalin kerjasama dengan PKPU Padang, di antaranya Adzkia dan Sabihisma. Bahkan bukan hanya siswa Sekolah Dasar, SMP dan SMA yang menaruh minat, tetapi  mahasiswa di asrama Universitas Andalas Padang juga ikut kerjasama pengelolaan sekitar 1.000 lebih tabung peduli.
           
“Dari Tabung Peduli ini mengajarkan anak-anak sedini mungkin kepedulian terhadap sesame dan Alhamdulillah dengan ini dapat membantu anak-anak lainnya melanjutkan pendidikan,” ungkap Meri, Selasa (15/3/2011).
           
Kepala Cabang PKPU Padang, H Faridansyah mengatakan, sampai sejauh ini sebanyak 12 ribu Tabung Peduli sudah disebarkan di sejumlah sekolah di Kota Padang. Menyikapi tingginya animo sekolah itu, PKPU Padang sudah memesan sebanyak 25 ribu buah lagi Tabung Peduli, karena sejumlah sekolah menyatakan berminat dengan program ini. Mereka merasa sangat terbantu dengan fasilitas tabung, karena pendidikan akhlak bagian yang diutamakan dalam proses belajar mengajar.           

Koordinator Zakat Yayasan Ar Risalah, Ustad Kamrizal, Lc yang hadir dalam proses penghitungan ini mengatakan, siswa harus dididik sedini mungkin untuk gemar bersedekah. Apalagi program ini manfaatnya kembali kepada pendidikan.

Dalam proses pengumpulan hasil Tabung Peduli ini, PKPU turut melibatkan langsung partisipasi para santriwan dan santriwati untuk penghitungan dengan membuka sendiri isi tabung mereka di Masjid Ponpes. Untuk bulan berikutnya mereka optimis penghimpunan akan jauh lebih besar lagi. (PKPU/Elfiyon/Padang)
 

0
 
0
 
0
 
0
 
New
 
 
0