PKPU

Latest News

Monday, November 24, 2014
Benah Perpustakaan Majukan Pendidikan
Monday, November 24, 2014
PKPU Ajak 70 Anak Yatim Wisata Bareng
Monday, November 24, 2014
Profil PKPU (versi bahasa Inggris)
Monday, November 24, 2014
Profil PKPU
Sunday, November 23, 2014
BEM Unsyiah Serahkan Bantuan Untuk Korban Bencana Aceh

News Zakat Center

Sedekah Motor, Agar Usaha Tetap Lancar

Tuesday, September 4th, 2012

SURABAYA – Sedekah adalah salah satu kunci sukses dalam mengarungi kehidupan ini termasuk melancarkan usaha yang kita lakukan. Hal itulah yang telah dibuktikan sendiri oleh Prayudi Hariyanto, 32 tahun, pengusaha katering asal Kota Gresik.

Pada awalnya, Prayudi bersama istrinya, menjalankan usaha percetakan yang ia kelola di kediamannya Jl PP Kulon No.11 Gresik. Usaha yang dirintis selama tujuh tahun tersebut dibilang cukup sukses. Namun, lambat laun karena kurang baik dalam memanage usahanya tersebut, ia terpaksa hutang ke bank untuk menutupi kekurangannya. Meski telah berhutang kesana-sini guna menutupi kesemrawutan usaha yang ia jalankan tersebut, bukannya menambah lancar usahanya justru malah semakin semerawut dan akhirnya mengalami kebangkrutan.

Di awal 2011, Prayudi mulai mencoba mencari cara bagaimana bisa bangkit dari keterpurukan termasuk bebas dari lilitan hutang. Salah satunya dengan mengikuti berbagai seminar dan kajian entrepreneur yang biasa diadakan oleh komunitas-komunitas pengusaha, salah satunya Indonesia Islamic Business Forum (IIBF).

Dalam seminar tersebut, Heppy Trenggono selaku pemateri dan sekaligus pendiri IIBF, memberi wejangan bagaimana bisa terlepas dari lilitan hutang, salah satunya dengan mensedekahkan hartanya. Mulai sejak itu, Prayudi menjual perangkat percetakkannya dan hasil penjualan tersebut sebagian disedekahkan, dan sebagian lagi ia pergunakan untuk memulai usaha baru yaitu usaha kuliner berupa katering yang ia titipkan di warung-warung.

Berkat dari keuletan dan kegigihannya ditambah sedekah yang ia lakukan, kini usaha kateringannya semakin sukses dan banyak order datang. Dan untuk menjaga kestabilan dan meningkatkan omset usahanya, pada akhir Juli 2012 lalu, Prayudi pun datang langsung ke kantor PKPU Surabaya di Jl Ngagel Madya No.83 untuk menghibahkan sepeda motornya.

Hibah motor tersebut langsung diterima Kepala Cabang PKPU Surabaya, Romdlon Hidayat. Rencanya motor tersebut akan digunakan untuk keperluan operasional. “Semoga makin diperlancar dan barokah usahanya. Kami akan manfaatkan hibah motor ini untuk pelayanan umat,” kata Romdlon seraya serah terima kunci dan surat-surat kendaraan. (PKPU/Rangga/Surabaya)

Follow twitter: @PKPU
Fb Fanpage PKPU: PKPU Lembaga Kemanusiaan Nasional

0
 
0
 
0
 
0
 
New
 
 
0