PKPU

News Zakat Center

Semarak Jemput Donasi Tabung Peduli di TK-IT MMA dan SD-IT Rejis Bekasi

Friday, March 8th, 2013

BEKASI – Matahari sudah bersinar terik. Waktu menunjukkan pukul 10.00 WIB. Hari Kamis (7/3/2013) Tim Tabung Peduli PKPU Kantor Kas Bekasi yang diwakili Muhammad Fauzi bersiap menuju ke Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Mitra Mendidik Islam (TK IT MMA) untuk menjemput donasi tabung peduli di Jalan Pengasinan Raya II, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu Bekasi.

Setiba di sekolah, Fauzi disambut antusias oleh siswa-siswi dan guru yang hendak menyerahkan donasi Tabung Peduli yang sudah dikumpulkan selama enam bulan lamanya. Kamtini, salah seorang guru di TK IT MMA menceritakan bahwa kerja sama TK IT MMA dengan PKPU sudah berlangsung selama 10 tahun.

“Kami menilai program Tabung Peduli yang ditawarkan PKPU bagus. Bagi dunia pendidikan, upaya siswa-siswi memasukkan uang ke dalam tabung merupakan latihan motorik halus dan melatih fokus siswa. Tidak hanya itu, program Tabung Peduli juga memupuk kepedulian siswa untuk peka terhadap nasib teman-teman mereka yang kurang beruntung,” ujar Kamtini.

Lebih lanjut, Kamtini menjelaskan sebelum siswa-siswi diberi Tabung Peduli, mereka terlebih dahulu diberi edukasi tentang pentingnya berbagi dengan sesama. Mereka pun dengan antusias menerima Tabung Peduli untuk mereka isi setiap harinya. Respon positif tidak hanya datang dari siswa-siswi, namun orang tua mereka pun mendukung program Tabung Peduli PKPU.

Sembari berbincang ringan dengan Kamtini, Tim Tabung Peduli membongkar satu persatu tabung yang sudah dikumpulkan di ruang Tata Usaha. “Alhamdulillah, donasi dari siswa-siswi cukup banyak. Semoga dana yang terkumpul dapat tersalurkan dengan baik untuk pendidikan,” ucap Fauzi.

Sementara itu, di ruang kelas siswa-siswi tampak asyik bermain. Kemudian, Kamtini pun menghampiri anak-anak untuk berfoto bersama dengan pose memegang Tabung Peduli. Klik. Bunyi kamera digital saku berbunyi mengabadikan gambar siang itu. Keceriaan tampak terlukis di wajah siswa-siswi TK-IT MMA. Salah satunya, Nadhira (4 tahun) yang mengungkapkan kegembiraanya karena sudah berhasil menyisihkan uang jajan ke dalam Tabung Peduli.

Waktu sudah menunjukkan pukul 11.00 WIB. Fauzi pun sudah tuntas menyelesaikan tugasnya membongkar tabung. Selanjutnya, ia harus bergegas menuju ke Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT) Riyadh El Jannah Islamic School (Rejis) di Perum Kodam Mustika Jaya, Bekasi guna melakukan aktifitas serupa yaitu menjemput donasi Tabung Peduli di sekolah tersebut.

Fauzi pun langsung bertemu dengan Kepala Sekolah SD IT Rejis, Ahmad Litti (baca: Ahmad Litti: Tabung Peduli Membangun Kepekaan Sosial Anak) di kantornya. Ahmad Litti menyambut tim Tabung Peduli dengan hangat sembari mempersilakan duduk. Beberapa menit berbincang ringan, adzan kemudian berkumandang. Tim Tabung Peduli dan Ahmad pun bergegas ke Mesjid untuk melaksanakan shalat Dzuhur.

Di masjid, para sudah berkumpul dan duduk rapi di shaf masing-masing. Beberapa guru tampak sibuk memberikan arahan kepada siswa-siswinya untuk tertib di masjid. Setelah sholat Dzuhur, Ahmad Litti memberikan pengumuman bahwa tim Tabung Peduli PKPU datang untuk menjemput Tabung Peduli. Tidak lupa Ahmad juga memberikan pesan-pesan kepada siswa-siswi bahwa donasi yang terkumpul akan disumbangkan untuk pendidikan anak-anak Indonesia dan perbaikan fasilitas sekolah yang rusak.

“Anak-anak, uang yang sudah kalian kumpulkan sangat membantu bagi teman-teman kalian yang membutuhkan. Program Tabung Peduli mengajak hati kita membantu kegiatan sosial,” pesan Ahmad Litti dalam forum siang itu.

Sesekali, terlihat anggukan dari siswa-siswi yang mendengarkan pesan dari kepala sekolah mereka. Di akhir kegiatan, Ahmad meminta perwakilan siswa-siswi untuk menyerahkan Tabung Peduli kepada Fauzi sebagai simbolis dan ditutup dengan foto bersama. (PKPU/Mahfud Achyar/Jakarta)

Follow twitter: @PKPU
Fb Fanpage PKPU: PKPU Lembaga Kemanusiaan Nasional

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather